Huhuo:Lature (tuha samatörö ulidanö)

Ya'ahowu Banio, bisa nggak ditambah kategori Fökhö untuk tulisan Lature ini? Konteks tulisan itu nanti kalau dikembangkan adalah konsep orang Nias zaman dulu tentang penyakit, penyebabnya dan cara penyembuhannya. Dan Lature dianggap sebagai salah satu sumber penyakit dan kematian. Saohagölö slaiatalk 15:57, 29 Baŵa si sara 2021 (WIB)

Ya'ahowu. Na mamaigigu, ambö fakhai ia ba wökhö (modern), abölö fagöna na kategorinia nitutunö niha manö. Si to'ölö ufaigi ba Wikipedia Inggris duma-dumania "Kancil Story" kategorinia Indonesian folklore, Malaysian folklore, Fictional deer and moose, Animal tales, lö hadöi kategori animal börö me tenga sindruhu gurifö ia. Simanö göi mena na tola kategori ba zura Lature. Na wamaigida abölö sökhi na so kategori fökhö ba ufuli manö molo'ö ita, tola tafuli tanönö ba zura. banio (fahuhuo) 16:07, 29 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Terima kasih jawaban. Saya mengerti apa yang dimaksud Banio, karena memang ini bukan tentang penyakit itu sendiri. Namun dari segi kategorisasi, seharusnya mungkin bagi peneliti yang meneliti konsep orang Nias tentang penyakit bahwa tulisan Lature ini muncul. Jadi kategori seperti ini akan sangat membantu penelitian ilmiah. Selain itu harus dimengerti bahwa sampai sekarang masih ada orang Nias yang percaya bahwa penyakit diakibatkan oleh roh-roh tertentu. Jadi walaupun ini tidak benar secara ilmu kedokteran, perlu sekali untuk mengerti orang secara antropologis. Saya akan senang seandainya kita bisa mendiskusikan hal ini. Bisakah Banio menjadwalkan diskusi komunitas tentang hal-hal seputar kategori ini dan hal-hal lain seputar Wikipedia Nias? Saohagölö slaiatalk 17:52, 29 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Kalau begitu tetap objektif Slaia. Ini penyakit? Bukan. Penyakit berdasarkan cerita Nias? Iya. Kategorinya mitos Nias, mitos tentang penyakit, dan sejenisnya. Pertemuan khusus sebenarnya tidak perlu jika kita berpikir objektif saja.
Jika tidak objektif, nanti banyak artikel yang diberi kategori tidak sesuai. Contoh cerita Si Kancil di atas dengan kategori hewan, Malin Kundang dengan kategori sosial/hubungan anak-ibu, Laöwömaru dengan kategori tokoh dari Nias, dll. banio (fahuhuo) 20:59, 29 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Saya rasa apa yang saya tulis sudah jelas: kategorisasi berdasarkan ilmu antropologi dan memungkinkan peneliti menemukan tulisan yang relevan dengan satu topik antropologis. Tetapi daripada kita berdebat kusir, bolehkah kita organisir pertemuan dengan Wikimedia Indonesia? Bagaimana? slaiatalk 22:42, 29 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Pendapat saya juga jelas. Saya pikir WMID tidak ada kaitannya dengan ini Slaia karena apa-apa di dalam Wiki itu ditentukan anggota komunitasnya saja. Simane niwa'ögu miyaŵa mege, na wamaigida abölö sökhi na so kategori fökhö ba tanönö manö ia. banio (fahuhuo) 18:58, 31 Baŵa si sara 2021 (WIB)
Kembali ke halaman "Lature (tuha samatörö ulidanö)".