Sangoguna:Slaia/Profil Komunitas Wikimedia Nias

Komunitas Wikimedia Nias terbentuk pada tahun 2020, ketika memulai proyek Wikipedia dan Wiktionary Nias di inkubator. Anggotanya lumayan banyak dan pada awalnya diskusi berlangsung di sebuah grup WhatsApp.

Kedua proyek (Wikipedia dan Wikikamus) telah menjadi resmi pada bulan Desember 2020 dan pemindahan semua isi dari inkubator ke domain sendiri rampung pada 13 Januari 2021. Tanggal inilah yang menjadi tanggal lahir resmi niawiki.

Sejak itu proyek baru Wikibuku juga dimulai dan sampai saat ini masih di inkubator (Agustus 2022).

Anggota bulö'ö

Anggota komunitas tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dari antara mereka hanya beberapa saja yang aktif menjadi kontributor di Wiki. Yang lain hanya aktif dalam diskusi kebahasaan di grup Telegram Komunitas Wiki Nias, yang dipindahkan dari grup WhatsApp tsb. di atas.

Hal ini ada hubungannya dengan masalah teknologi. Kebanyakan anggota komunitas tidak memiliki laptop. Komputer pertama mereka adalah smartphone. Dalam hal ini pun mereka tergolong pengguna baru dan masih gagap teknologi. Karena itu mereka merasa tidak mampu menulis di Wiki atau mengedit tulisan di sana. Seandainya saja menulis di Wiki segampang menulis pos panjang di media sosial.

Komunitas sangat berharap agar jumlah anggota yang berdomisili di Pulau Nias semakin bertambah, terutama dari kalangan generasi muda digital, yang akan menikmati buah berbagai proyek ini di masa depan.

Problematik kebahasaan bulö'ö

Sayang kontributor aktif dari kalangan generasi muda hampir tidak ada. Namun keengganan generasi muda untuk turut aktif menjadi kontributor di Wikipedia/Wiktionary/Wikibuku bukanlah karena sekedar ketiadaan minat.

Alasan lebih mendasar adalah generasi muda masa kini telah terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia baik di rumah maupun di luar rumah. Karena itu mereka hanya bisa menjadi penutur bahasa Nias pasif, artinya mereka bisa mengerti tetapi sendiri susah mengungkapkan diri dalam bahasa ibunya tsb.

Ini bukanlah kesalahan mereka dan orang Nias lainnya. Buku-buku bacaan dan media (radio, TV, majalah, koran) dalam bahasa Nias memang tak ada. Mereka belajar membaca dan menulis dalam bahasa Indonesia. Dan karena itu mereka terbiasa berpikir juga dalam bahasa Indonesia.

Peranan Wikibuku bulö'ö

Melihat problematik di atas, anggota Komunitas Wikimedia Nias sadar bahwa Wikibuku memainkan peranan yang sangat penting untuk membebaskan pengetahuan dalam bahasa Nias melalui Wikipedia Nias. Wikikamus juga tidak akan memadai, karena orang tak bisa menguasai bahasa hanya dari membaca kamus.

Sebelum bisa berpikir dan menulis dalam bahasa Nias di Wikipedia atau Wiktionary, generasi muda perlu lebih dulu membaca teks berbahasa Nias dan membiasakan diri dengan berbagai ungkapan dalam bahasa tsb. Mereka pastilah tidak mungkin menulis definisi satu kata, bila mereka sendiri tidak familiar dengan berbagai kosa kata tsb dan maknanya dalam konteks.

Melalui Wikibuku komunitas berharap menjembatani jurang antara penguasaan bahasa pasif ini ke penguasaan bahasa aktif. Kami berharap Wikibuku bisa menyediakan berbagai bacaan buat anak-anak (WikiYunior) dan tentu saja bacaan untuk orang dewasa (cerpen, novel, kisah perjalanan, resep, nyanyian, teks-teks adat, tulisan tentang sejarah dan budaya Nias, tentang kebijaksanaan lokal dlsb.)

Membebaskan pengetahuan adalah tujuan akhir, namun untuk bisa melangkah ke sana perlu lebih dahulu membebaskan bahan bacaan dalam bahasa Nias. Perjalanan masih jauh ke depan, namun tujuan luhur itu bisa terwujud bila kita berbuat sedikit demi sedikit mulai dari sekarang. Atau seperti pepatah Nias mengatakan, Mane malu Dahönagö, sambua ihalö ba isaetagö. Hulö malu Daföfö'ö, sambua ihalö ba iföfögö. Ya'ahowu.

Logo Komunitas bulö'ö

Pucuk logo komunitas merupakan mahkota perempuan dari Nias yang disebut Rai. Kami yakin bahwa pada hakikatnya tujuan membebaskan pengetahuan adalah memungkinkan penutur bahasa tsb. memperoleh kembali harkat, harga diri, kepercayaan dan cinta diri melalui pengetahuan sejarah, budaya dan bahasa leluhurnya. Itu adalah tujuan jangka panjang, yang merupakan buah dan mahkota dari segala usaha para relawan wiki, yang saat ini menyumbangkan waktu dan tenaga sedikit demi sedikit membangun gudang pengetahuan tsb.


Mane malu Dahönagö,
sambua ihalö ba isaetagö.
Hulö malu Daföfö'ö,
sambua ihalö ba iföfögö.
Pepatah Nias

Status: Agustus 2022