Sifabö'ö ba gotalua wamulö'ö "Fanolo:Lala wanura (li Indonesia)"

Konten dihapus Konten ditambahkan
i 3 revisions imported
Perbaiki teks dan tambah gambar
Khoi-khoi 1
'''Catatan:'''
 
Sebelum Anda mulai memasukkan artikel baru atau menyunting artikel yang sudah ada, pastikan Anda telah '''log in''' (lihat di sudut kanan atas. Di situ akan tertera Ae si bakha kalau belum log in). Kalau belum ada akun, silakan buat akun dulu (dari halaman [[Olayama]] cari '''Create account''' atau '''BuatFazökhi akun''' di barisan menu di sudut kanan atas).
 
Baik bila Anda lihat-lihat dulu bagaimana stil penulisan artikel yang sudah ada, sehingga Anda familiar dengan gaya penulisan di ensiklopedia ini. Anda bisa melihat daftar semua isi ensiklopedia yang sudah ada dengan pergi ke [[Olayama]] dan klik angka di mana ditulis '''No sa’e tefa’anö [[Si tohude:PrefixIndex/Wp/niaRandom|150Gofu nga'örö]] zuradi badaftar da’e'''menu sebelah kiri. Setiap kali menekan di situ tulisan lainnya di Wikipedia akan ditunjukkan.
 
[[Berkas:Visual Editor's menu bar.jpg|frameless|700x700px]]
 
== Membuat artikel baru ==
 
# Untuk membuat artikel baru pergi ke [[Olayama]] dan ketik katajudul yang mau di masukkanartikel di kotak isian ('''[[Olayama|Fa'anö zura si bohou]]''')
# Pastikan menulis judul artikel baru tsb '''dengan huruf awal huruf besar''' dan langsung disambung di prefiks mis.'''T'''anömö mis.Tanömö untuk artikelbukan ''tanömö''.
# Sesampai di dalam jendela editor, pastikan bahwa Anda berada di modus '''BuatFazökhi''' (no 1 dalam gambar di atas) dan bukan "BuatFa'anö (teksfaoma wiki)kode". Buat"Fa'anö (teksfaoma wiki)kode" adalah bagi orang yang menguasai cara menulis wiki, yang tidak segampang cara penyuntingan biasa.
# Bila Anda telah menyiapkan artikel tsb. dari dokumen MS Word silakan '''copy''' artikel dari MS Word (block dulu, lalu tekan Ctrl+C) lalu '''paste''' ke dalam editor (letakkan penunjuk mouse di tempat yang tepat lalu tekan Ctrl+V).
# Pastikan judul-judul pakai stil '''Judul tingkat 2Heading''' ataudan Judulsub-judul tingkatmenjadi 3Heading kalau2 itudst merupakan(lihat sub-juduldi darino tingkat4 2dalam gambar).
# Pastikan menetapkan kategori berikut:tulisan. Untuk itu Klikklik di '''Opsi halaman''' (gambar denganno tiga3 garisdalam sejajargambar) dan pilih '''Kategori'''. Lau tulisatau '''Wp/niaCategories'''. AndaDi akankolom melihatyang daftartersedia kategorisilakan yangmulai sudahtulis adanama kategori tulisan. PilihAkan '''Wp/nia'''terlihat juga nama-nama kategori yang telah ada.
# Cek sekali, pastikan tak ada salah ketik atau salah format.
# Klik '''Terbitkan halaman''' atau '''Publish page''' di sudut kanan atas menujendela editor.
# DiAkan jendelatampil berikutsatu jendela, tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan artikel baru, tulis namajudul artikel tsb. Kalau misalnya hanya sekedar menambah sub-judul tertentu tulis tambah sub-judul tertentu. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
# Klik di '''Terbitkan halaman'''. Selesai.
 
[[Berkas:Visual Editor menu bar (edit modus).png|frameless|700x700px]]
 
== Menyunting artikel yang sudah ada ==
 
# Klik pada tombol bernama '''Bulö'ö''' di bagian atas kanan jendela tulisan (no 1 dalam gambar di atas). Atau kalau sekedar mencari tulisan yang telah ada dan lihat entah ada yang bisa diperbaiki, pergi ke [[Olayama]] dan klik [[Si tohude:Random|Gofu nga'örö]] di daftar menu sebelah kiri.
# Pergi ke [[Olayama]] dan klik angka di mana ditulis '''No so sa’ae ba da’a xxx zura'''.
# Akan terbuka jendela editor. Pastikan Anda berada pada modus visual editing. Kalau tidak, tekan lagi tombol '''Bulö'ö''' tadi.
# Anda akan melihat daftar artikel yang sudah ada. Pilih artikel yang mau disunting.
# Tekan isi tulisan (no 4 dalam gambar). Buat perubahan yang Anda kehendaki.
# Klik '''Terbitkan perubahan''' atau '''Publish page''' di sudut kanan atas jendela editor (no 5 di gambar).
# DiAkan jendelatampil berikutsatu jendela, tulis ringkasan apa yang telah Anda buat. Kalau hanya memasukkan artikel baru, tulis namajudul artikel tsb. Kalau misalnya hanya sekedar menambah terjemahansub-judul tertentu tulis tambah terjemahansub-judul tertentu. Kalau mis. koreksi salah ketik, tulis koreksi salah ketik.
# Klik di '''Terbitkan perubahan'''. Selesai.